Resimu.id – Saat ini hampir semua orang ingin menjadi youtuber secara masal karena melihat beberapa youtuber yang sukses dengan penghasilan yang luar biasa. Namun masih banyak yang tidak mengetahui sumber penghasilan dari youtuber ini. Untuk mengetahuinya, ada berbagai sumber penghasilan dan cara menghitung penghasilan Youtube.
Agar mendapatkan penghasilan tersebut, seorang pembuat konten perlu membuat video yang menarik dan mengunggahnya secara rutin untuk menarik banyak pelanggan.
Jadi, untuk memonetisasi video YouTube, Anda harus memenuhi beberapa syarat, seperti saluran YouTube Anda telah menerima 4.000 penayangan dalam 12 bulan terakhir dan Anda memiliki minimal 1.000 pelanggan.
Jika Anda seorang konten kreator yang mengupload beragan video pendek di platform YouTube, Anda juga bisa menghasilkan uang.
Baca Juga: 10 Cara Agar Video Muncul Di FYP TikTok, Dijamin Berhasil
Dari Mana Penghasilan Youtuber?
Seorang YouTuber bisa mendapatkan uang dari iklan yang ada di videonya, selain jumlah klik dan tampilan pada iklan yang Anda lihat, ada sumber pendapatan lain bagi YouTuber, seperti pemasaran afiliasi, penjualan produk dan layanan, serta sponsor.
Pendapatan Youtuber dikumpulkan langsung dari YouTube sesuai kebijakan mereka. Metrik yang biasanya digunakan untuk menghitung pendapatan YouTube adalah pendapatan per tayangan (RPM). RPM ini adalah uang atau keuntungan yang akan diperoleh untuk setiap 1.000 iklan yang dilihat di semua video di saluran YouTube.
Sejak diluncurkan tahun lalu, YouTube Shorts mengalami pertumbuhan pesat. Menurut data internal Youtube, ada sekitar 35 miliar penayangan Youtube Short dalam satu hari di seluruh dunia.
Fitur YouTube Shorts
Adanya Youtube Shorts juga bisa membantu channel Youtuber pemula untuk menambah jumlah subscriber. Data terbaru dari YouTube mengungkapkan bahwa channel yang mengupload video pendek atau mengupload video shorts dan video panjang mengalami waktu tonton dan pertumbuhan pelanggan secara keseluruhan lebih tinggi, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video panjang.
Menurut laporan Budaya Tren YouTube 2022, 59% konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam beberapa waktu terakhir. YouTube akan memperluas bisnis YouTube Shorts-nya di tahun depan.
Mulai awal tahun 2023, pembuat film pendek yang mencapai 10 juta penayangan video pendek dalam 90 hari dapat mendaftar untuk memperoleh penghasilan melalui Program Mitra YouTube.
Kreator akan mendapatkan 45% dari uang yang dihasilkan oleh iklan yang ditempatkan di antara video Shorts. Pendapatan dari iklan ini akan dikumpulkan pada akhir bulan, dan setiap pembuat konten akan dibayar berdasarkan bagian mereka dari total penayangan video pendek tersebut.
Uang iklan juga akan digunakan untuk menutupi biaya lisensi musik yang dipakai, menurut YouTube, tidak akan memengaruhi penghasilan pembuatnya.
Apakah YouTube Shorts Bisa Menghasilkan Uang?
Penghasilan Youtube Shorts ini berbeda, jika yang biasanya bergantung pada jumlah klik iklan yang dilihat, letak geografis, topik yang dibahas, kalau yang ini tidak demikian.
Video YT Shorts tahun 2021-2022 tidak dihasilkan dari pengiklan, namun di danai oleh uang kas YouTube itu sendiri. YouTube akan memberikan hadiah apabila video short Anda ditonton oleh banyak orang.
Berapa jumlah view agar mendapatkan bayaran?
YouTube tidak memberikan informasi secara spesifik berapa jumlah view agar seseorang mendapatkan gaji. Namun banyak orang yang berbagi info di forum-forum mengenai penghasilan dari YouTube Shorts.
Perlu mempunyai banyak view hingga jutaan tontonan agar YouTube memberikan gaji kepada konten kreatornya. Apakah 1 juta view bisa dapat gaji? Berikut adalah estimasi penghasilan dari YT Shorts.
Untuk mendapatkan $100 dollar atau Rp 1.450.000, sebuah channel YouTube dibutuhkan minimal mencapai 25 juta view pada keseluruhan video shorts yang di upload.
Berlaku terus kelipatannya, jika ingin dapat 200 dollar maka seluruh video yang Anda upload harus mendapkan 50 juta tontonan.
Setelah itu, YouTube akan memberikan penghargaan berupa hadiah atau gaji yang akan dikirimkan melalui email, didalam email tersebut Anda harus mengklaim uangnya untuk dapat dicairkan.
Pengguna Bisa Daftar Adsense Dari YouTube Shorts
Chief Product Officer YouTube Neil Mohan mengatakan, pembuat konten video shorts dengan minimal 1.000 subscribe dan 10 juta penayangan pendek dalam 90 hari dapat mendaftarkan salurannya ke Program Mitra YouTube (YPP).
Ini adalah alternatif dari kebijakan yang ada, di mana pembuat video berdurasi panjang dapat bergabung dengan YPP, setelah mengumpulkan minimal 1.000 pelanggan dan empat ribu jam waktu tonton.
Selain itu, kreator akan memperoleh 45% pendapatannya dari iklan yang kemudian akan muncul dalam konten Shorts. YouTube dan Google mengungkapkan bahwa iklan ini akan muncul di antara video ketika penonton menggulir Short.
Karena iklan Feed Shorts muncul di antara video, pendapatan dari iklan ini dikumpulkan setiap bulan dan digunakan untuk memberi penghargaan kepada pembuat konten.
Fitur ini diluncurkan pada 2020 dan menantang Instagram Reels dan TikTok untuk konten serupa. Google memberi tahu investor bahwa perusahaan secara khusus bereksperimen dengan iklan di aplikasi terpasang dan bentuk promosi lainnya.